Menilik Konsep Work From Home yang Lebih Efektif

work from home

Konsep bekerja dari rumah (work from home) semakin populer pasca-pandemi Covid-19. Sistem kerja jarak jauh telah lama menjadi kebutuhan banyak profesional di bidang teknologi informasi (TI) dan perawatan kesehatan. 

Berkat teknologi yang terus berkembang seperti Skype, FaceTime, Zoom, dan Google Meet karyawan tidak perlu lagi berada di kantor penuh waktu. Namun lingkungan mana yang memungkinkan kita menjadi lebih produktif: kantor di rumah atau kantor di kantor? 

Di kantor, rekan kerja kerap menjadi ancaman untuk mencegah Anda menyelesaikan pekerjaan. Mereka mampir ke meja Anda, mengajak mengobrol atau mengundang Anda makan siang lebih cepat. Sementara saat bekerja di rumah, anggota keluarga dapat menjadi pengalih perhatian.

Bahkan, saat work from home batasan antara kehidupan pribadi dan pekerjaan kita telah sangat kabur. Lantas, jika ingin melakukan pekerjaan dari rumah menjadi lebih efektif, apa yang harus dilakukan?

Bagaimana Cara Bekerja dari Rumah yang Efektif?

Bekerja dari rumah bisa membuat Anda terjebak dalam aktivitas Anda di lingkungan yang santai, sehingga Anda lupa dengan pekerjaan yang ada. Di bawah ini, kami telah menyusun kiat bekerja dari rumah untuk memaksimalkan kinerja Anda.

1. Siapkan Ruang Kerja Fungsional

Apakah Anda bekerja dari jarak jauh beberapa hari per minggu atau full work from home? Sebaiknya Anda merancang ruang kerja khusus di rumah. Memisahkan area kerja dari ruang pribadi Anda sangat penting untuk menciptakan suasana kerja yang tenang. Beberapa peralatan yang diperlukan antara lain, meja dan kursi kantor, notebook, soket listrik, dan alat tulis.

2. Tetapkan Jadwal dan Rutinitas 

Berada di waktu kerja dan waktu pribadi secara bersamaan dapat membuat stres. Jadi, menetapkan jadwal dan rutinitas yang jelas adalah keharusan. Setiap harinya, Anda harus memiliki daftar tugas dan alokasi waktu menyelesaikannya. Meski Anda menikmati pekerjaan Anda, ingatlah jangan terlalu banyak bekerja karena dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

3. Minimalkan Gangguan

Di rumah, Anda mungkin tidak bertemu dengan rekan kerja. Namun bukan berarti tidak ada gangguan saat work from home. Atur jadwal Anda di sekitar jadwal keluarga Anda agar mereka dapat membantu Anda mendapatkan waktu yang dibutuhkan untuk bekerja. Selain itu untuk meredam kebisingan, Anda dapat menggunakan headphone saat bekerja.

4. Menjaga Kesehatan Siap Bekerja

Bekerja dari rumah adalah momen yang baik untuk menjaga kesehatan terutama secara fisik. Dengan work from home, Anda mungkin terhindar dari polusi di perjalanan atau stres akibat menerobos kemacetan. Sebagai gantinya, Anda dapat memasak makanan yang disukai, atau olahraga ringan selepas bekerja. Dengan tubuh yang sehat, Anda akan selalu siap menghadapi pekerjaan baru setiap harinya.

5. Memiliki Waktu Istirahat yang Jelas

Saat work from home, Anda harus mengatur waktu untuk memulai, rapat, makan siang, dan mengakhiri pekerjaan. Untuk memudahkan Anda memisahkan waktu kerja dan waktu pribadi, pasang alarm di penghujung hari untuk menunjukkan waktu kerja yang selesai. Penggunaan alarm  membuat menggunakan waktu ini untuk melakukan hal lain dan memiliki lebih banyak waktu untuk orang-orang di rumah.

6. Bergabung dengan Perusahaan Ramah Jarak Jauh

Apakah perusahaan Anda mengizinkan pekerjaan jarak jauh berjalan dengan optimal? Jika tidak, mungkin inilah saatnya mencari perusahaan yang lebih ramah untuk pekerjaan jarak jauh. Anda dapat menemukan berbagai pekerjaan jarak jauh atau sistem hybrid di platform media sosial, atau situs lowongan kerja seperti Linardi Associates.

Seperti di kantor, bekerja di rumah juga tidaklah mudah. Tips work from home yang kami berikan dapat membantu Anda memaksimalkan rutinitas pekerjaan Anda. Cobalah sehingga Anda dapat menemukan bahwa Anda sama produktifnya seperti saat bekerja di kantor.

Leave a Reply