Keterampilan yang Dibutuhkan Manajer Menengah

Middle Manager adalah seorang profesional yang bertanggung jawab untuk memimpin dan mengelola sebuah departemen atau bagian dalam suatu organisasi. Ia memimpin tim dan bertanggung jawab atas pelaksanaan tugas dan sasaran departemennya. Ia juga berkomunikasi antara staf di bawahnya dan pimpinan atasan untuk memastikan bahwa tugas dan sasaran organisasi tercapai.

Middle Manajer memiliki peran penting karena dia turut andil sebagai mediator antara atasan dengan bahawan. Oleh karena itu, middle manager harus memiliki keterampilan sebagai mediator. Lalu apa saja keterampilan tersebut? Berikut adalah keterampilan yang dibutuhkan oleh manajer menengah yang menjadi penghubung antara atasan dan bawahan.

Komunikasi

Keterampilan komunikasi adalah salah satu yang paling penting bagi manajer untuk dikuasai. Pastikan anggota tim mengetahui harapan dan bagaimana pekerjaan mereka berkontribusi pada tujuan tim.

Tanyakan, “Menurut Anda, apa yang Anda lakukan dengan baik? Apa yang akan membuat kinerja Anda menjadi lebih baik?” Dengarkan baik-baik, dan jelajahi apa pun yang membutuhkan penyesuaian. Dapatkan umpan balik dari tim Anda tentang keterampilan komunikasi Anda sehingga Anda tahu di mana Anda perlu fokus dan meningkatkan.

Akuntabilitas

Belajarlah untuk meminta pertanggungjawaban diri sendiri dan anggota tim Anda. Misalnya, jika Anda melihat kinerja yang buruk, atasi lebih awal dan catat bahwa Anda memiliki beberapa kekhawatiran. Tetapi yakinkan tim bahwa Anda ingin mendukung.

Mulai dari tempat rasa ingin tahu, empati, dan pengertian. Namun jangan menganggap masalah ini akan hilang atau membaik dengan sendirinya. Ingatlah bahwa kinerja buruk satu orang dapat berdampak negatif pada seluruh tim. Ini peran Anda sebagai manajer untuk campur tangan.

Tali pada manajer Anda atau tim sumber daya manusia Anda jika Anda memerlukan bantuan. Mengelola percakapan ini sendiri bisa menguras tenaga.

Manajemen waktu dan tenaga

Tingkatkan kesadaran diri Anda sehingga Anda dapat memperhatikan bagaimana perasaan Anda sepanjang hari.

Kegiatan apa yang memberi Anda energi paling banyak, dan mengapa? Apakah mereka menantang Anda? Apakah Anda baik pada mereka? Apakah mereka membantu Anda merasa puas?

Di sisi lain, interaksi apa yang membuat Anda merasa terkuras, dan apa penyebabnya? Apakah Anda takut dengan tugas tertentu atau berjuang untuk fokus dalam pertemuan tertentu? Misalnya, jika Anda kekurangan energi di penghujung hari dan tidak dapat mendengarkan selama rapat, lihat apakah Anda dapat memindahkan rapat lebih awal di hari itu.

Tidak belajar

Banyak manajer menengah dipromosikan berdasarkan keterampilan mereka sebagai kontributor individu. Dan mereka sering mencoba melakukan peran aslinya dengan pekerjaan manajemen mereka di atas. Ini adalah resep untuk kelelahan.

Manajer harus melatih diri mereka sendiri untuk fokus pada ekspektasi peran baru mereka. Mereka kemudian dapat bekerja untuk memaksimalkan kemampuan tim mereka untuk mencapai tujuan mereka.

Pemikiran gambaran besar

Peran penting dari manajer menengah adalah memanfaatkan kontribusi tim untuk mencapai tujuan organisasi. Jadi, Anda perlu memahami dan percaya pada visi yang lebih besar untuk menerjemahkannya ke dalam kerja tim Anda.

Leave a Reply