5 Keahlian Manajemen yang Dibutuhkan di Tempat Kerja

Keahlian manajemen dibutuhkan oleh semua profesional di dunia kerja. Keterampilan ini perlu dimiliki untuk mengerjakan berbagai tugas manajerial mulai dari perencanaan alur kerja, pengembangan kebijakan, pengukuran hasil kerja, pemantauan anggaran, kolaborasi, hingga memotivasi orang lain.

Inilah lima keahlian manajemen yang Anda butuhkan di tempat kerja.

Perencanaan dan Organisasi

Keahlian manajemen dalam menyusun perencanaan sangat penting oleh semua profesional di dunia kerja. Seorang staf junior bisa mendapat tugas tertentu, dan diminta mengembangkan cara untuk mencapai target yang ditetapkan. Sementara manajer yang lebih senior mungkin akan terlibat dalam penyusunan kebijakan atau strategi perusahaan. Dengan mengasah keterampilan ini, Anda akan mencoba memahami sumber daya yang dimiliki, membuat perencanaan waktu dan penggunaan anggaran, menetapkan tugas dan tanggung jawab anggota tim, hingga penyesuaian saat menghadapi kondisi tak terduga.

Dalam mengembangkan kemampuan planning, Anda bisa mulai dengan mengajukan diri sebagai pemimpin tim untuk sebuah proyek. Selain itu, cobalah belajar menggunakan software manajemen proyek untuk membuat Anda dapat memanfaatkan teknologi dalam menyusun strategi. Pada akhirnya, seseorang yang dapat berpikir strategis bisa mendorong inovasi dan membuat perubahan sehingga organisasi lebih produktif.

Leadership

Jelas. Setiap manajer adalah orang yang memimpin untuk dirinya sendiri dan mengelola tim. Maka keahlian manajemen dalam leadership dibutuhkan saat menjalankan langkah-langkah lanjutan setelah Anda membuat pengorganisasian kerja. Leadership seseorang akan dirasakan oleh saat memimpin meeting, membagi beban kerja dan mendukung kolaborasi.

Seiring pekerjaan berjalan, seorang yang memiliki jiwa leadership juga mampu mengambil sikap untuk menampung masukan dari pemangku kepentingan lainnya hingga memberi pengakuan pada rekan yang menunjukkan kinerja baik. Untuk mendukung hal tersebut, manajer perlu juga memiliki empati, kemampuan memotivasi, dan berjejaring.

Delegasi

Manajer juga memiliki tugas untuk mengelola sumber daya manusia yang menjadi anggota timnya. Maka, kemampuan manajemen dalam hal pendelegasian juga penting. Membagi beban tugas bukan tanda kelemahan seseorang, tapi justru bisa mendorong produktivitas kerja tim lebih banyak dengan efektif dan efisien. Selain itu, manajer juga dapat mengembangkan kepercayaan diri dan keterampilan tim.

Untuk dapat mendelegasikan tugas secara efektif, manajer bisa memulai dengan menganalisis dan mengidentifikasi keterampilan rekan kerja. Setelahnya, manajer baru bisa menetapkan tugas sesuai dengan keahlian anggota tim.

Komunikasi

Seorang profesional di dunia kerja –apa pun posisinya- akan berhubungan dengan banyak orang mulai dari petinggi perusahaan, klien, hingga bawahan. Maka, keahlian manajemen dalam hal komunikasi sangat dibutuhkan. Media komunikasi yang digunakan bisa berupa email, media sosial, telepon, dalam presentasi, hingga pertemuan dengan individu. Oleh karenanya, kemampuan berkomunikasi yang baik perlu didukung dengan keterampilan menulis, verbal, dan mendengarkan.

Dengan kemampuan berkomunikasi yang mumpuni, seorang profesional dapat meneruskan pesan dari petinggi perusahaan ke tim kerja hingga staf di garda terdepan. Pesan dapat disampaikan dengan jelas, ringkas, konkret, benar, lengkap, dan sopan. Selain itu, jika ada seorang manajer yang selalu membuka kesempatan komunikasi dengan tim, maka akan menciptakan perasaan saling percaya di tempat kerja. Untuk mengetahui apakah gaya komunikasi Anda sudah sesuai yang dibutuhkan manajer, cobalah Tes Gaya Komunikasi di Karir.com.

Pemecahan Masalah

Seorang manajer akan dihadapkan dengan problema setiap hari. Anda dituntut untuk bisa memilih beberapa opsi yang dilematis. Untuk itu, Anda memerlukan beberapa hal yang dapat mendukung keahlian manajemen dalam hal pemecahan masalah antara lain perhatian terhadap detail, sikap tenang di bawah tekanan, dan berpikir kreatif.

Memang, pada akhirnya tidak semua keputusan bisa menyenangkan semua orang. Tetapi, dengan kemampuan pemecahan masalah yang baik, Anda dapat menghasilkan solusi inovatif dan meminimalkan dampak pada tim dan bisnis secara keseluruhan.

Keahlian manajemen ini penting untuk Anda yang belum mencapai posisi manajer sekali pun. Alasannya karena Anda mungkin saja ditunjuk untuk menggawangi sebuah proyek dan diharapkan mencapai keberhasilan. Namun, bila Anda sudah memiliki keahlian ini sejak masih junior, maka peluang menaiki tangga karier lebih tinggi di masa depan akan lebih besar.

2 Replies to “5 Keahlian Manajemen yang Dibutuhkan di Tempat Kerja

Leave a Reply