5 Permainan Asah Otak untuk Meningkatkan Keterampilan Kerja

Keterampilan kerja bisa ditingkatkan dengan berbagai cara. Salah satunya melalui permainan asah otak. Games yang melibatkan pikiran ini dapat menguatkan daya ingat, meningkatkan kreativitas, melatih reaksi cepat, hingga membawa mood positif. Semua kemampuan tersebut dapat mendukung tugas individu sehari-hari.

Berikut lima permainan asah otak untuk meningkatkan keterampilan kerja.

Teka-Teki Silang

Teka-teki silang menguji sejauh mana kemampuan verbal Anda. Selain itu, permainan ini juga merupakan ajang pembuktian pengetahuan yang Anda miliki. Jika berhasil mengisi semua kotak yang tersedia, berarti Anda memang memiliki kekayaan wawasan dan kosa kata.

Seiring dengan peningkatan perbendaharaan kata, maka keterampilan kerja dalam hal komunikasi pun terasah. Hal ini akan mendukung Anda untuk melakukan pekerjaan sehari-hari khususnya yang berhubungan dengan penyampaian ide secara tertulis. Selain itu, Anda juga terlatih untuk memikirkan solusi berdasarkan petunjuk-petunjuk. Kebiasaan berpikir jernih dapat membantu Anda dalam proses penyelesaian masalah di tempat kerja.

Sudoku

Sudoku adalah salah satu games angka yang paling terkenal. Anda akan ditantang untuk mengisi kotak kosong dengan angka berdasarkan aturan tertentu. Permainan asah otak ini bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, membiasakan berpikir secara logis, hingga berlatih bekerja dengan cepat.

Dengan mengasah keterampilan kerja seperti berpikir logis, analisis dan memahami pola, maka kemampuan problem solving di tempat kerja pun akan semakin baik. Keahlian yang satu ini perlu dimiliki pekerja di setiap level, pada semua sektor industri. Individu yang mampu memecahkan masalah sendiri akan menjadi karyawan yang dapat diandalkan.

Puzzle

Saat menyusun potongan-potongan gambar kecil untuk menjadi puzzle yang utuh, maka kemampuan Anda dalam memperhatikan hal detail akan terlatih. Keterampilan kerja ini tentu saja berguna untuk mendukung Anda melakukan tugas kantor seperti menyusun strategi atau membuat laporan. Bila jeli dalam melihat peluang atau menemukan kesalahan saat mengoreksi dokumen, maka hasil pekerjaan Anda akan lebih sempurna.

Selain itu, permainan asah otak ini juga dapat mengasah kemampuan untuk fokus, konsentrasi, hingga mempertajam daya ingat jangka pendek. Apabila puzzle dimainkan secara berkelompok, maka games ini juga dapat meningkatkan kemampuan berkolaborasi dan bekerja sama.

Catur

Catur tidak hanya mengasah kerja otak kiri, tetapi juga otak kanan. Saat bermain, Anda harus berpikir logis sekaligus kreatif. Mula-mula Anda harus mengingat bagaimana pola langkah setiap bidak. Seiring permainan berjalan, Anda akan tertantang untuk membuat strategi agar bisa menang.

Lagi-lagi, permainan asah otak ini juga dapat mendorong peningkatan kemampuan problem solving di tempat kerja dan kehidupan sehari-hari. Keterampilan ini bisa diaplikasikan ketika Anda menghadapi situasi tak terduga. Sebagai contoh, saat pekerjaan berjalan tak sesuai rencana, maka Anda harus bisa memadukan logika dan kreatif dalam mencari jalan keluar.

Board Game

Board game adalah permainan yang komponennya terdiri dari lembaran persegi (bisa berbentuk papan), dan bidak-bidak. Selain catur, permainan lain yang termasuk board game adalah monopoli, ludo, halma, hingga ular tangga.

Permainan ini juga bagus untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah. Selain itu, Anda juga dapat mengasah keterampilan kerja lainnya seperti komunikasi dan kolaborasi bila permainan dilakukan Bersama dengan tim.

Berbagai jenis games yang disebutkan di atas memang baik untuk mengasah keterampilan kerja. Namun, bukan berarti Anda boleh tenggelam dalam permainan sampai lupa waktu. Bermainlah saat waktu senggang atau saat akhir pekan.

Dengan permainan asah otak, maka stres akibat pekerjaan akan berkurang. Pada akhirnya, hal ini akan mendorong peningkatan produktivitas kerja.

Leave a Reply